Pilihan

Jumat, 11 Maret 2011

Senam Otak


Senam otak tidaklah sesulit yang Anda kira, dan tentunya tidak berhubungan dengan soal-soal hitungan yang menguras otak. Kebugaran otak akan didapatkan jika aliran darah menuju otak lancar atau pasokan V O2 max-nya memadai. V O2 max merupakan kemampuan pengambilan oksigen oleh jantung dan paru-paru, sehingga aliran darah ke semua jaringan tubuh termasuk otak lebih banyak dan mempengaruhi otak untuk bekerja maksimal.
Untuk mendapatkan pasokan V O2 max, maka otak membutuhkan olahraga. Dengan olahraga fungsi optimalisasi otak akan terjaga karena mendapatkan rangsangan terus-menerus. Berikut ini beberapa panduan gerakan senam otak yang dapat Anda lakukan dalam waktu singkat ataupun di sela-sela waktu sibuk :
  1. Minumlah air putih secukupnya, sebelum mulai melakukan senam otak.
  2. Lakukan pernafasan perut. Anda dapat melakukannya sambil duduk atau terlentang. Caranya meletakan tangan di atas perut, lalu tarik nafas sehingga perut terasa mendorong telapak tangan ke depan. Jika Anda melakukannya dalam posisi terlentang, taruh buku di atas perut Anda. Lakukan kembali secara berulang 2-8kali.
  3. Selanjutnya, menoleh ke kiri dan kanan secara perlahan sembari memijit titik-titi di sekitar dada dan perut. Lakukan gerakan ini selama 4-8 kali pernafasan.
  4. Hook-ups, gerakan ini terdiri dua cara. Pertama, lakukan pernafasan 4-8 kali dengan kondisi tubuh rileks. Cara kedua, letakkan kaki rata di lantai dimana ujung-ujung jari tangan saling bersentuhan sembari melakukan pernafasan 4-8 kali.
  5. Gerakan mengaitkan kedua tangan, dimana gerakan ini bermanfaat untuk mengintegrasikan otak. Caranya dengan merentangkan tangan selebar mungkin lalu bayangkan otak kiri dan kanan menjadi satu seperti Anda menyatukan dua tangan. Lakukan gerakan inisambil melakukan pernafasan 4-8 kali.
  6. Titik positif. Caranya dengan menyentuh titik-titik di sekitar dahi sambil melakukan pernafasan 4-8 kali. Sambil melakukan gerakan ini, Anda dapat membua jadwal sehari-hari Anda.
  7. Gerakan silang atau cross crawl ini merupakan gerakan pelengkap dalam senam otak. Lakukan gerakan silang ini sebanyak 10-25 kali.
26-01-2011 diposkan oleh melindacare

Tidak ada komentar:

Posting Komentar